Khasiat Daun Kelor Untuk Suplemen Cegah Virus Corona

Posted by CaraKitaHD on Sunday, April 5, 2020

Khasiat Daun Kelor Untuk Suplemen Cegah Virus Corona




CaraKitaHD.COM - Tim peneliti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan tiga bahan alam yang berpotensi menjadi obat atau suplemen untuk menangkal virus corona (Covid-19) salah satunya adalah daun kelor. Temuan itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam, Jumat (20/03/2020).

"Dari hasil bioinformatika, dengan menggunakan artificial intelligence, dengan machine learning. Setelah kita mendapatkan complete genome, jadi struktur virus secara keseluruhan, kemudian kita juga mempunyai struktur herbal yang ada, kemudian kita docking istilahnya. Itu ternyata bahwa pada buah jambu biji merah, daun kelor, dan kulit jeruk. Itu ternyata mempunyai komposisi atau struktur herbal yang baik sehingga bisa digunakan untuk mencegah," kata Ari.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Penelitian ini melibatkan tim yang berasal dari Departemen Kimia Fakultas Farmasi UI dan Pusat Biofarmaka IPB. Meski demikian, Ari menyebut hasil penelitian itu masih harus dibuktikan lebih lanjut dengan melakukan uji klinik.

"Jadi memang kami juga mengusulkan untuk dilakukannya uji klinik dengan jambu. Tentu dengan jus jambu ini pada pasien yang sudah dirawat, kemudian kita lihat dampaknya, tentu sebagai suplemen, bukan sebagai obat," katanya.

Di lain sisi, tim peneliti juga akan mencari dari struktur herbal ketiga bahan alam tersebut, bahan apa yang sebenarnya paling berpotensi menjadi pengobatan di masa depan.

"Tapi ini bisa jadi anjuran. Tapi sekali lagi, untuk anjuran, silakan. Toh jambu biji ada di sekitar kita. Kita juga akan lakukan riset secara uji klinik," ujar Ari.

Sumber:https://www.cnbcindonesia.com

Previous
« Prev Post

Related Posts

April 05, 2020 April 05, 2020

0 komentar:

Post a Comment