Penyebab dan Cara Memperbaiki Jarum Mesin Jahit Sering Patah

Posted by CaraKitaHD on Rabu, 06 Februari 2019

Penyebab dan Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Mesin Jahit merupakan alat yang sangat membantu manusia untuk menjahit baju karena dengan mesin ini kita dapat menjahit dengan cepat dari pada menjahit manual dengan tangan. Mesin jahit mempunyai banyak jenis dan harga mulai dari mesin jahit portable yang murah hingga mesin jahit reguler yang mahal juga ada. Biasanya harga dari mesin jahit tersebut akan mempengaruhi kualitas dari jahitan mesin jahit tersebut.

Penyebab jarum Mesin Jahit sering patah

-Jarum yang dibeli stock lama, kemungkinan yang pertama adalah mesin jarum yang lama. Ini artinya kalia membeli satu plastik kecil atau beberapa kumpulan jarum mesin jahit yang sudah lama dan kualitasnya sudah menurun. Saat di test menjahit biasanya jarum tipe ini akan mudah patah dan memang begitu kalian akan terus mengganti dan patah lagi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti mata mesin jahit dengan yang baru, yang berasal dari stock baru.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mesin Jahit Manual Singer JA2

-Mesin salah posisi, Salah posisi juga akan mengakibatkan kerusakan pada mesin jahit karena nantinya tidak sesuai dengan kerjanya. Jarum jahit akan masuk lebih dalam hingga patah, tetapi jika jarum jahit di setting tidak masuk sama sekali maka jarum jahit tidak akan masuk ke dalam baju. Otomatis jarum hanya lewat saja tidak melakukan tugasnya yaitu menjahit baju dengan benang.

-Bahan yang di jahit terlalu tebal, Bahan yang di jahit juga dapat mematahkan jarum mesin jahit apabila terlalu tebal. Biasanya kain tebal yang sering di paksa di jahit dengan mesin jahit normal adalah bahan jeans tebal, ulos, dan kain tebal lainnya. Hal tersebut tidak cocok dengan mesin jahit normal, maka dari itu usahakan menjahitnya sedikit saja jika terpaksa. Dari pada nantinya mesin jahit tambah rusak di bagian lain karena di paksa menjahit kain tebal yang sangat banyak.

Baca juga: Harga Dan Spesifikasi Mesin Jahit JUKI HZL 12Z

Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Alat dan Bahan Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah
-Obeng, Digunakan untuk membuka bagian ujung mesin jahit agar nantinya kita dapat memperbaiki posisi mesin jahit yang salah tersebut.
-Skoci, Untuk menjahit dari bagian bawah mesin jahit dengan bagus.
-Jarum Jahit stock baru, Untuk digunakan menggantikan jarum mesin jahit yang lama.

Langkah - Langkah Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Mengatasi Jarum mesin jahit stock lama
-Ambil obeng, buka bagian penahan jarum pada mesin jahit.
-Ambil jarum mesin jahit yang lama tadi.
-Kemudian di gantikan dengan jarum mesin jahit yang baru.
-Setelah itu test untuk menjahit, jika memang jarum tidak putus dan tidak ada gangguan lagi berarti jarum lama tersebut adalah masalahnya.

Baca juga: Spesifikasi Mesin Jahit Portable Singer 1306 START

Mengatasi Jarum mesin jahit salah Posisi
-Ambil Skoci kemudian keluarkan dari dalam mesin jahit, setelah itu atur jarum jahit pada putaran paling dalam mencucuk bagian skoci.
-Coba rasakan apakah ada jarum yang terasa masuk ke dalam skoci atau tidak. Jika ada dan terlalu dalam biasanya itulah yang menyebabkan jarum mesin jahit sering putus dan jika tidak berarti itu yang menybabkan jahitkan tidak terjadi.

merasakan ujung jarum jahit

-Ambil obeng, buka bagian kanan ujung dari mesin jahit. Biasanya akan terdapat sekrup di bagian kanan bawahnya lihat dan jika sudah terlihat buka perlahan agar mesin penusuk tidak jatuh.
-Coba rasakan sambil di tusuk bagian skoci apakah jarum sudah masuk atau belum, tusukan jarum mesin jahit jangan terlalu dalam dan jangan sampai tidak terasa.
-Rasakan saja jarum kena pada ujung jari tetapi tidak menusuk, itulah posisi yang bagus untuk jarum jahit.

Baca juga: Harga Dan Spesifikasi Mesin Jahit Manual Butterfly JA 1-1

-Kemudian pasang kembali bagian kanan ujung dari mesin jahit. Usahakan dengan posisi yang sudah bagus seperti yang tadi CaraKitaHD jelaskan, yaitu jarum jangan terlalu menusuk dan jarum harus sampai juga pada skoci.
-Pasang kembali semua perangkat dengan benar. Lalu test menjahit dengan beberapa kain jika benar maka masalah sudah terselesaikan dengan langka - langkah yang sudah kita lakukan tadi.

test menjahit


Sekian Penyebab dan Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah dari CaraKitaHD, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

Unuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut

 

Previous
« Prev Post

Related Posts

Februari 06, 2019 Februari 06, 2019

0 komentar:

Posting Komentar