Cara Memasang Mata Gergaji Circular

Posted by CaraKitaHD on Senin, 04 Februari 2019

membuka penahan gergaji

Gergaji Circular mempunyai banyak fungsi seperti memotong besi, memotong kayu, memotong triplek, memotong seng dan lainnya. Hal ini di bantu oleh fariasi pisau yang di sediakan untuk mesin Gergaji Circular ini. Seperti mata pisau pemotong kayu, mata pisau penotong besi dan lainnya. Gergaji Circular ini sangat membantu bagi tukang kayu dan tukang besi, yang pastinya hal yang berhubungan dengan memotong besi dan kayu.

Gergaji Circular merupakan gergaji listrik yang sangat mudah penggunaannya, selain itu menggunakan energi listrik otomatis hemat bahan bakar tidak menggunakan minyak dan lainnya. Tetapi di balik itu semua semua peralatan tukang sudah pasti harus di perhatikan agar nantinya tidak mudah rusak, yaitu dengan merawatnya seperti peralatan biasanya.

Nah Mata Gergaji Circular itu sangatlah kuat tetapi bisa juga rusak. Oleh karena itu kita harus menggantinya dengan mata gergaji yang baru, tetapi sebelum itu kita harus tau dulu apasih penyebabnya Mata Gergaji Circular ini cepat rusak.

Berikut ini adalah penyebab Mata Gergaji Circular rusak:

1. Terlalu lama digunakan
Pada penggunaannya potonglah kayu dengan Mata Gergaji Circular ini jangan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan kerusakan akibat terlalu banyak memotong sementara mata gergaji tidak di ganti atau di istirahatkan. Hal tersebut dapat menyebabkan kebengkokan pada mata pisau dan kerusakan fatal lainnya.

2. Memotong Benda yang salah
Sering juga terjadi kesalahan dalam memotong menggunakan Mata Gergaji Circular ini. Seprti alas pemotong yang terbuat dari besi, batu dan lainnya yang jelas-jelas akan merusak Mata Gergaji Circular jika bertemu. Untuk itu kalian harus mengganti alas pemotong dengan benda yang bersahabat dengannya seperti kayu sisa dan lainnya.

3. Kayu yang sangat keras dan kering
Ada beberapa tipe kayu yang mempunyai struktur yang sangat kuat dan susah untuk di potong. Untuk kayu tipe ini biasanya kalian harus memberikan oli untuk memotongnya agar lebih mudah.

Cara memasang Mata Gergaji Circular

Alat dan Bahan memasang Mata Gergaji Circular

1. Gergaji Circular, Gergaji yang nanti akan kita ganti mata gergajinya.
2. Mata Gergaji Circular baru, Sebagai pengganti mata gergaji yang lama.
3. Tang jepit otomatis, Untuk membantu melepaskan pengait atau penahan pada gergaji circular.
4. Kunci Pas, Untuk melepaskan pengait atau penahan pada gergaji circular.

Langkah memasang Mata Gergaji Circular

1. Langkah pertama adalah Matikan listrik terlebih dahulu sebelum melepaskan mata gergaji, agar aman ambil ujung kabelnya lalu gulung di pegangan Gergaji Circular.
2. Selanjutnya Pindahkan pengaman mata gergaji yang biasanya berada di bawah mata gergaji.
3. Kemudian Siapkan Tang jepit otomatis dan kunci pas.
4. Pasang Tang jepit otomatis dan kunci pas pada posisi seperti di gambar, kunci pas berada di paling kanan untuk membuka penahan atau mur sedangkan kunci pas berada di ujung kiri untuk menahan mata pisau agar tidak berpindah saat proses pelepasan mur.

membuka mur gergaji

5. Putar dari kanan ke kiri kunci pas untuk membuka.
6. Setelah terbuka langsung Lepaskan Mata Gergaji Circular lama yang akan di ganti.
7. Pasang Mata Gergaji Circular baru.
8. Pasang Tang jepit otomatis dan kunci pas pada posisi seperti di gambar, kunci pas berada di paling kiri untuk menutup penahan atau mur sedangkan kunci pas berada di ujung kanan untuk menahan mata pisau agar tidak berpindah saat proses pelepasan mur.

memasang mur gergaji

9. Putar dari kiri ke kanan kunci pas untuk menutup atau menguatkan mur.
10. Terakhir adalah Kuatkan hingga betul-betul kuat, setelah itu coba test mesin Gergaji Circularnya.

Setelah semua proses selesai jangan lupa memberikan sedikit minyak pada poros perputaran dari Mata Gergaji Circular setiap memotong benda yang lumayan susah di potong agar lebih ringan pada saat memotongnya. Selain itu jangan membiarkan Mata Gergaji Circular duduk langsung tanpa adanya penutupnya, selain tidak aman hal ini juga dapat membuat Mata Gergaji Circular menjadi mudah rusak.

Sekian Cara memasang Mata Gergaji Circular dari CaraKitaHD, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

Previous
« Prev Post

Related Posts

Februari 04, 2019 Februari 04, 2019

0 komentar:

Posting Komentar