Teknik Las Besi Hollow Dengan Las Listrik

Posted by CaraKitaHD on Rabu, 30 Januari 2019

Teknik las Besi Hollow dengan las listrik

Besi Hollow merupakan lempengan besi yang mempunyai lubang di tengahnya, biasanya berbentu kotak atau persegi. Besi Hollow ini sering digunakan sebagai penyangga dan keperluan lainnya. Oleh karena itu kita butuh mengelasnya ketika membuat benda tersebut seperti kursi besi, rangka sandaran papan tulis dan masih banyak lainnya.

Untuk mengelas Besi Hollow biasanya kita membutuhkan keterampilan khusus karena pada besi ini level pengelasasnnya medium. Jadi harus mengetahui berapa lama waktu yang di butuhkan untuk melengketkan ke dua Besi Hollow agar melekat. Tetapi harus tau juga seberapa cepat kita harus melepas kawat las dari besi yang sedang kita las, karena jika kita terlambat sedikit pun akan terjadi lubang pada bekas las di Besi Hollow tersebut.

gambar besi hollow
gambar besi hollow
Maka dari itu kita harus mengetahui level medium dari pengelasan. Mengelasnya juga tidak langsung main tempel dan las, tetapi kita harus memotong bagian yang tidak cocok atau tidak rata. Setelah bagian yang tidak rata terpotong selanjutnya adalah mendekatkan kedua Besi Hollow agar singkron saat di las nantinya. Kalian juga harus tau Besi Hollow juga di gunakan untuk berbagai keperluan rangka lainnya seperti lemari besi dan penyangga lainnya.

Baca juga : Mengenal Mesin Las Inverter dan Cara Perawatannya

Teknik Pengelasan besi Hollow.

Nah mendengar penjelasan singkat tadi bukan itu saja teknik untuk melakukan pengelasan tetapi dibutuhkan juga teknik tertentu agar hasil las menjadi bagus. Teknik penglasan Besi Hollow ini biasanya menggunakan teknik 3 titik las, yaitu mengelas 3 titik kecil pada bagian Besi Hollow yang akan di sambungkan kemudian kita balik besi dan mulai mengelas sisi yang lainnya sama juga tigak titik. Setelah itu kita baru mengelas secara garis atau vertikal pada Besi Hollow yang di sambung tersebut. Untuk Penjelasan lebihnya ada di bawah bagian

Langkah mengelas besi hollow mulai dari persiapan hingga finishing.

Cara las besi Hollow dengan las listrik

Berikut ini adalah Bahan dan Alat yang digunakan:

-Las Listrik. Jangan untuk menghubungkannya pada sumber listrik.

-Kawat Las Listrik. Sediakan kawan 1 kotak, biasanya untuk 1 sambungan 5x5 cm akan di butuhkan 1-2 kawat las.

-Besi Percobaan. Sediakan juga besi percobaan agar nantinya saat akan memulai pengelasan tidak akan kaget dan merusak Besi Hollow yang aslinya akan di las.

-Besi Hollow. Siapkan Besi Hollow yang nantinya akan kita las atau di sambungkan.

-Sarung tangan, Kaca Mata, Masker. Untuk keamanan biasakan untuk menggunakan pengaman saat mengelas seperti Kaca Mata, Sarung tangan dan Masker.

-Gergaji Besi. Nanti digunakan untuk memotong dan juga membersihkan pinggiran potongan Besi Hollow yang kurang bagus.

-Pensil. Untuk menandai atau membuat garis pada Besi hollow.

-Penggaris. Untuk menggaris dan mengukur panjang bagian-bagian yang terdapat pada besi.

Baca juga: Tips Membeli Mesin Las Listrik Berkualitas Terbaik

Berikut adalah Langkah mengelas besi hollow:

1. Gunakan terlebih dahulu Sarung tangan, Kaca Mata, Masker untuk keselamatan kerja.
2. Pasang Gergaji Listrik dengan sumber listrik.
3. Perkirakan dan juga garisi bagian yang akan di potong.
4. Potong Besi Hollow dengan menggunakan gergaji besi lalu bersihkan bagian yang kurang bagus. Setelah selesai matikan Gergaji listrik agar nantinya tidak ada kesalahan seperti lupa mematikan gergaji listrik yang mengakibatkan hal yang tidak di inginkan.
5. Persiapkan besi test di pinggir tempat mengelas.
6. Pasang las Listrik dengan sumber listrik.
7. Pasang juga bagian kawat las, jangan lupa agar pasang dalam keadaan off/tombol tidak di hidupkan.
8. Setelah itu test terlebih dahulu las pada besi test yang sudah kita siapkan tadi.
9. Mulai mengelas 3 titik kecil pada sambungan Besi Hollow. Setelah itu balikkan Besi Hollow dan las kembali 3 titik, lakukan pada berbagai sisi.
10. Setelah itu mulai mengelas garis, tetapi secara cepat agar besi hollow tidak berlubang.
11. Ratakan hasil las, kemudian bersihkan bagian yang tidak halus atau kasar. Bisa menggunakan kertas pasir khusus besi atau cara lainnya.

Nah begitulah tadi caranya. Sekian Informasi Teknik las besi Hollow dengan las listrik yang sudah CaraKitaHD share untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

 Unuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini.

 

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 30, 2019 Januari 30, 2019

0 komentar:

Posting Komentar