Pengelasan Stainless Steel, Pengertian Kegunaan dan Keunggulannya

Posted by CaraKitaHD on Sabtu, 26 Januari 2019

Anda ingin tahu pengelasan stainless steel
Sumber gambar: Pixabay
Sudah tahukah Anda, mengapa material logam ini disebut stainless steel? Sesuai dengan namanya, material logam ini adalah baja yang tahan karat. Mengapa bisa tahan karat? Karena jenis baja ini punya kelebihan sendiri, yaitu tahan terhadap oksigen dan memiliki lapisan oksida yang stabil pada permukaannya. Tidak heran, jika pengelasan stainless steel lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan industri.

Stainless steel banyak digunakan perusahaan industri, karena kemampuannya yang berbeda dari material logam lainnya. Seperti halnya mampu bertahan dari pengaruh oksidasi, karena memiliki kandungan unsur chromium lebih dari 10,5%. Kandungan tersebut merupakan salah satu pelindung baja dalam stainless steel terhadap sebab-sebab kondisi lingkungan yang membahayakannya.

Pengertian Stainless Steel

Secara pengertian, stainless steel dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis dan porsentase materialnya.

Baca juga : Cara Pengelasan Aluminium yang Baik dan Benar

1. Kelompok Stainless steel martensitic

Stainless steel jenis martensitic ini memiliki kandungan chrome sebesar 12% hingga 14% dan carbon 0,08-2,0%. Kombinasi kandungan tersebut menunjukan pada tingkat ketahanan dan sifat mekanisnya yang tahan panas, sehingga baja tahan karat yang sifatnya magnetis ini cocok untuk berbagai aplikasi.

2. Kelompok Stainless stell ferritic

Stainless steel jenis ferritic ini memiliki kandungan chrome sebesar 17% dan carbon 0,08-0,2%. Memiliki ketahanan terhadap korosi pada suhu tinggi dan sifatnya magnetis..

3. Kelompok Stainless steel austenitic

Stainless steel jenis austenitic ini memiliki kandungan chrome sebesar 17%-25%, nikel 8%-20% serta beberapa elemen lainnya. Stainless steel ini masuk pada kelompik non-magnetic.

4. Kelompok Stainless steel duplex

Stainless steel duplex memiliki kandungan yang seimbang antara chrome, nikel, molibdenum, dan nitrogen. Jenis baja tahan karat ini merupakan kelompok terbaru dari hasil penggabungan atara kelompok austentinitic dan ferritic. Tidak heran, jika hasilnya lebih kuat dan ketahanan terhadap korosi pun sangat baik.

Kegunaan Stainless Steel

Dirancang dan diproses dengan teknologi modern, hingga menghasilkan bahan material stainless steel yang layak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti halnya pengelasan stainless steel pada hardware rumah tangga, instrumen bedah, peralatan industri, pabrik makanan, toko perhiasan dan konstruksi gedung-gedung.

Baca juga : Jenis Pengelasan, Fungsi, dan Keunggulannya

Selain itu, kegunaan stainless steel ini sering kita temukan juga pada tangki penyimpanan dan kapal tanker yang digunakan untuk mengangkut makanan sejenis buah-buahan.
Mengapa semua instrumen tersebut memilih menggunakan stainless steel? Simak keunggulannya berikut ini.

Keunggulan Stainless Steel

  • Tahan oksidasi
Untuk keperluan sejis toko perhiasan, penggunaan stainless steel sangat cocok sekali. Selain anti karat, material ini juga tahan oksidasi. Sehingga perhiasan tidak akan mengalami perubahan warna sedikitpun.
  • Sebagai unsur dekoratif
Bukan saja memberikan tampilan yang elegan pada bangunan saja, tetapi stainless steel ini bisa dijadikan sebagai unsur dekoratif pada sebuah kendaraan.
  • Bahan tidak akan mengelupas
Material logam ini tidak akan mengelupas. Sehingga, ketika mengalami benturan atau goresan, lapisannya tidak akan terkelupas sedikitpun. Seperti halnya digunakan pada beberapa jenis senjata api, misalnya Smith & Wesson model 60 dan pistol Colt M1911.
  • Mudah dibersihkan
Tidak seperti bahan material lainnya, stainless steel ini relatif mudah dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan kandungan isolator-nya. Kotoran dan sejenisnya tidak akan menempel secara permanen. Inilah yang menjadi indikator, stainless steel sangat mudah dibersihkan.
  • Tahan lama
Stainless steel ini sudah banyak digunakan perusahaan-perusahaan industri dan yang lainnya. Banyak yang memilih material logam ini dikarenakan sifatnya yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal ini disebabkan oleh faktor pelindung pada bahan dasarnya, yaitu nikel dan kromium.
  • Sangat kuat
Material logam ini dirancang tanpa adanya pori-pori, sehingga lapisannya sangat rapat sekali. Alhasil, penggunaan stanless steel ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk meminimalisir goresan, retak, penyok, dan bocor. Jadi, dapat dipastikan baja tahan karat ini teksturnya sangat kuat.
  • Multifungsi
Keunggulan yang terakhir dari stainless steel ini adalah sangat multifungsi. Ini disebabkan karena tidak adanya reaksi apapun ketika digunakan untuk beberapa jenis kebutuhan. Misalnya pada peralatan memasak, panci yang digunakan untuk memasak, juga bisa digunakan untuk merebus air.
Dari penjelasan tentang pengelasan stainless steel di atas, kita bisa simpulkan bahwa stainless steel ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan apapun. Untuk pengelasan lainnya akan dibahas dalam artikel lanjutan.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 26, 2019 Januari 26, 2019

0 komentar:

Posting Komentar