Kawat Las Listrik Kegunaan Keunggulan dan Daftar Harganya

Posted by CaraKitaHD on Sabtu, 26 Januari 2019

jenis kawat ini sering pula disebut elektroda


Di masyarakat, pengetahuan tentang kawat las sangat minim sekali. Mereka hanya mengetahui satu jenis kawat las dari sekian banyak yang sering digunakan tukang las. Padahal sebenarnya, jenis kawat las berbeda-beda sesuai dengan jenis material benda kerjanya. Dari sekian banyak jenis kawat las, ada satu yang paling populer, yaitu kawat las listrik.

Jenis kawat las ini sering pula disebut elektroda. Setiap material benda kerja yang berbeda-beda, saat proses pengelasan, pastinya membutuhkan besaran arus listrik yang berbeda pula. Hal tersebut bertujuan agar hasil las bisa lebih rapi, pas, dan sambungannya kuat sesuai yang diharapkan. Pada kawat elektroda ini pun ada perbedaan besaran arus listrik yang dibutuhkan.

Apa itu Elektroda?

Elektroda adalah material logam batangan yang bersifat penghantar listrik, digunakan sebagai pembakar yang menimbulkan busur menyala dalam proses pengelasan listrik. Elektroda atau sering kita sebut dengan kawat las, merupakan sebuah alat las dalam proses pengelasan menggunakan arus listrik.

Baca Juga : Tips Membeli Mesin Las Listrik Berkualitas Terbaik

Las listrik sendiri dilakukan terlebih dahulu dengan memanasi logam yang dilas, yaitu dengan suhu panas hasil dari arus listrik. Generator sebagai pembangkit utamanya, kemudian dialirkan melalui kabel yang terhubung langsung pada jepitan elektroda.

Kegunaan Kawat Las Listrik

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa elektroda listrik ini merupakan sebagian alat dari proses pengelasan listrik. Las listrik tidak bisa dilakukan jika tidak ada elektroda atau kawat listrik. Berikut penjelasan terkait kegunaan kawat las listrik.

Kegunaannya adalah sebagai penghantar listrik, berupa logam batangan yang disimpan diujung penghubung (kabel & jepitan). Benda kerja yang ada dihadapannya bisa dilebur dan disambungkan melalui proses pengelasan listrik. Jadi intinya, elektroda listrik ini hanyalah sebatas pelantara saja, namun keberadaannya sangatlah penting. Buktinya tanpa elektroda, proses pengelasan listrik tidak bisa dilakukan sama sekali.

Penggunaan elektroda ini tidak bisa sembarangan, harus benar-benar mengetahui kualitas standar yang ditentukan. Seperti halnya standar umum yang ditentukan oleh badan pengelasan resemi di Amerika Serikat, yaitu AWS (American Welding Society). Seluruh standar penggunaan elektroda yang ditentukannya, telah diakui secara luas dan dijadikan standar pengelasan di beberapa negara besar di dunia.

Salah satu standar pengelasan yang dikeluarkan oleh AWS yang berlaku untuk pengelasan pada meed steel, yaitu dinyatakan pada sebuah kode elektroda, yakni E XXXX yang artinya:
  • E: Keterangan jenis kawat, yakni Elektroda
  • XX: Dua angka pertama menunjukan kekuatan tarikan kawat las yang dinyatakan dalam satuan KSI atau lb/in².
  • X: Urutan angka ketiga menunjukan posisi pengelasan dengan elektroda. Jika terdapat angka 1, berati menunjukan semua posisi. Jika angka 2, berati menunjukan posisi datar dan horizontal. Dan jika angka 3, berati menunjukan posisi flat saja.
  • X: Urutan angka keempat menunjukan jenis arus dan pelapis yang digunakan pada elektroda.

Keunggulan Kawat Las Listrik

Untuk proses pengelasan dengan arus listrik, diperlukan elektroda yang memiliki kualitas terbaik. Banyak merek elektroda terkemuka yang memiliki keunggulan masing-masing berdasarkan mikro struktur bahan metalnya, seperti:
  1. Materialnya dibuat dari bahan khusus yang pastinya berbeda dengan kawat las lainnya
  2. Terdapat pula beberapa elemen campuran khusus
  3. Bahan-bahannya dioksidasi dan penstabil
Elektroda terbaik akan menghasilkan selimut bara, fungsinya untuk mengurangi penyebaran panas (sebagai isolator tahan panas). Dengan demikian, benda kerja yang dilas akan dingin secara perlahan.

Daftar Harga Kawat Las Listrik Terbaru 2019

Berbeda dari beberapa jenis kawat las lainnya, kawat las ini memerlukan perhatian khusus. Artinya, Anda harus benar-benar tahu ukuran arus listrik yang akan disalurkan melalui elektroda. Tujuannya adalah untuk hasil las yang sempurna.

Baca Juga : Jenis Pengelasan, Fungsi, dan Keunggulannya

Harga kawat las listrik cukup mahal, mungkin karena dilihat dari hasilnya yang sangat sempurna.

Untuk harga terbaru, berada di kisaran Rp143.000/kg. Akan tetapi, harga kawat las per mm berbeda-beda, sesuai ukuran diameternya. Untuk ukuran 1,5 mm harganya adalah Rp44.480/2kg. Harga tersebut masih bisa berubah-ubah, sesuai dengan merek dan kualitas kawat las tersebut.

Demikian yang bisa kami jelaskan mengenai pengenalan secara luas tentang kawat las listrik terbaik untuk kebutuhan pengelasan industri perbaikan/reparasi, industri kimia, bengkel mekanik, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 26, 2019 Januari 26, 2019

0 komentar:

Posting Komentar