Jenis-Jenis Mesin Las Busur Listrik dan SMAW

Posted by CaraKitaHD on Kamis, 31 Januari 2019

mesin las busur listrik dan smaw

Jenis-Jenis Mesin Las Busur Listrik dan SMAW - Mesin las busur merupakan alat listrik yang menyambungkan logam menggunakan media energi listrik sebagai sumber panas. Mesin las busur listrik dan SMAW ini memiliki perbedaan. Mesin las busur merupakan teknik menyambung logam memakai busur listrik. Lalu, SMAW merupakan teknik pengelasan dengan memakai material dasar yang sudah dicairkan.

Pengertian Proses Pengelasan SMAW

Pengelasan dengan metode SMAW adalah sebuah proses menyambungkan logam dengan cara dipanaskan menggunakan energi panas agar bisa cair. Energi panas yang terdapat pada pencairan logam tersebut berasal dari lompatan ion (katoda dan anoda). Proses pengelasan SMAW ini menggunakan pelindung jenis flux saat proses pengelasan berlangsung.

Jenis Mesin Las Busur Listrik dan SMAW

Berikut ini adalah jenis mesin las busur listrik dan SMAW beserta pengertiannya:
  1. Mesin Las AC

Mesin las AC menggunakan sumber tegangan bolak-balik. Mesin las jenis ini memperoleh busur nyala yang berasal dari transformator. Arus dari jaring-jaring tersebut nantinya akan diubah menjadi arus bolak-balik oleh transformator sesuai dengan arus yang dibutuhkan untuk melakukan pengelasan.

Baca juga : Jenis Las Listrik Smaw Inverter dan Harga Paling Baru 2019

Tegangan yang digunakan dalam mesin jenis ini adalah tegangan tinggi, yaitu langsung menggunakan listrik AC yang bersumber dari PLN. Mesin las tersebut menggunakan trafo step down untuk menurunkan tegangan PLN, karena tegangan yang dibutuhkan untuk pengelasan adalah 44 volt hingga 85 volt saja.

Kelebihan menggunakan mesin las AC dapat dirasakan karena biaya perawatan perlengkapan rumah lebih murah, kabel massa dan elektroda dapat ditukar agar lebih baik digunakan. Namun, mesin las AC tidak bisa digunakan untuk semua jenis elektroda dan tidak bisa digunakan untuk mengelas semua jenis logam.
  1. Mesin Las DC

Arus listrik yang digunakan pada mesin las jenis DC adalah arus searah yang berarti cukup aman untuk digunakan. Arus yang didapatkan mesin las DC ini berasal dari mesin dinamo motor listrik searah. Sedangkan bahan bakar yang digunakan adalah bensin, motor diesel, dan alat penggerak lain.

Pada mesin las DC ini menggunakan rectifier atau penyearah arus yang berfungsi mengubah sumber tegangan AC dari jala-jala ke sumber DC. Mesin las DC sendiri memiliki dua macam jenis yaitu mesin stasioner dan mesin las portabel.

Baca juga : Daftar Harga Besi Hollow Terbaru Semua Ukuran dan Kegunaanya

Keuntungan menggunakan jenis mesin las DC adalah nyala busur yang dihasilkan lebih stabil daripada menggunakan AC. Tingkat kebisingan yang dihasilkan juga lebih rendah, sehingga bisa efektif untuk digunakan di berbagai tempat. Kelebihan lain yang diperoleh dari mesin las DC adalah bisa digunakan untuk mengelas plat besi yang berukuran tipis.
  1. Mesin Las AC/DC

Jenis mesin las yang terakhir adalah mesin las ganda atau populer dengan sebutan mesin las AC-DC. Mesin las jenis ini bisa digunakan untuk pengelasan dengan arus searah maupun arus bolak-balik. Transformator yang digunakan pada mesin las jenis ini adalah trafo satu fasa. Sedangkan keluaram arus AC didapatka dari regulator arus yang melalui trafo tersebut.

Mesin jenis AC-DC akan lebih baik dan fleksibel untuk digunakan. Selain memiliki kemampuan yang sama dengan mesin las jenis AC atau DC, mesin las jenis ini juga lebih mudah digunakan pada bengkel umum.

Arus yang terdapat pada mesin jenis ini adalah arus ganda yaitu sekitar 25 hingga 140 Ampere. Mesin las jenis AC-DC sangat cocok digunakan untuk memotong plat besi tipis atau tebal, stainless steel, dan jenis alumunium. Semakin tebal ukuran besi, maka semakin besar juga arus yang dibutuhkan.

Dalam menggunakan peralatan listrik seperti mesin pengelas, pengguna harus menggunakan alat pelindung diri sesuai prosedur yang ada. Apalagi jika tegangan yang digunakan berasal dari PLN langsung seperti mesin las AC, tentunya akan sangat berbahaya dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

Nah, sudah paham kan apa itu mesin las busur listrik dan SMAW? Perhatikan jenis besi yang akan digunakan untuk menentukan jenis mesin pengelas. Menggunakan mesin pengelas yang bukan pada tempatnya bisa menyebabkan kecelakaan kerja maupun kerusakan pada mesin itu sendiri. Semoga bermanfaat….

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 31, 2019 Januari 31, 2019

0 komentar:

Posting Komentar