Cara Memperbaiki Ritsleting Yang Rusak Pada Tas Celana dan Jaket

Posted by CaraKitaHD on Senin, 28 Januari 2019

Punya celana yang retsletingnya rusak dan sulit untuk diperbaiki

Punya celana yang retsletingnya rusak dan sulit untuk di perbaiki, sudah pasti kalian akan membawanya ke tukang jahit lalu akan di ganti dengan yang baru. Tetapi sebelum itu terjadi, CaraKitaHD merekomendasikan cara untuk memperbaikinya tetapi dengan dengan mudah dan tidak perlu di ganti. Perlu di ketahui jenis kerusakan yang bisa di perbaiki dengan metode ini adalah retsleting yang terpasang pada jalur tetapi tidak dapat menutup gigi pada retsleting.


Selain itu Perlu kalian ingat retsleting berbeda dengan kancing, karena kancing di lepas dari penyangga sedangkan retsleting di tarik untuk lepas. Agar nantinya tidak salah pengertian, nah berikut ini adalah gambar dan perbedaan kancing dengan ritsleting.


gambar retsleting

gambar retsleting

Ritsleting atau Retsleting sering digunakan untuk mempermudah menutup dan membuka suatu bagian pada bahan kain. Bisa kain jeans, kain katun, kain parasut dan bahan kain lainnya. Tetapi bagaimana jika Retsleting ini terdapat kerusakan akibat kita kurang merawat atau karena sudah terlalu lama? sudah pasti nantinya kita harus memperbaikinya.

Ya pada kesempatan ini CaraKitaHD akan membahas tentang Cara Memperbaiki Ritsleting yang rusak ini dengan mudah dan cepat. Tetapi sebelum itu kita harus mengetahui apa saja penyebabnya, mengapa retsleting bisa rusak atau tidak bisa tertutup lagi. Nah di bawah ini adalah penyebab retsleting rusak.

Penyebab Ritsleting yang rusak pada tas, celana dan jaket.

1. Penyebab Ritsleting tas rusak
Retsleting tas rusak biasanya terjadi karena tas menyimpan barang yang lebih besar atau yang menonjol lebih dari ukuran tas normalnya. Hal tersebut mengakibatkan retsleting menjadi terdorong dan akhirnya cepat rusak karena tak mampu lagi menahan tekanan dari barang yang berada di dalam tas.

2. Penyebab Ritsleting celana rusak
Ritsleting celana rusak ini terjadi hampir sama dengan masalah pada tas, yaitu karena retsleting di paksa mengikat volume yang besar sehingga mengakibatkan retsleting rusak. Contoh yang paling umum adalah saat seseorang menggunakan celana jeans yang terlalu ketat hingga retsletingnya rusak bahkan copot. Kalau faktor ini bisa di atasi dengan menggunakan celana jeans yang tidak sempit, agar nantinya retsleting celana tersebut tetap awet.

3. Penyebab Ritsleting jaket rusak
Untuk Ritsleting jaket rusak ini bisa terjadi karena saat membuka retsleting secara paksa bukan dengan menarik retsleting, tetapi dengan menarik kedua sisi jaket hingga retsleting terbuka. Sebenarnya cara membuka seperti itu cepat tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada retsleting.

Cara Mengatasi Ritsleting yang rusak pada tas dan jaket.

Untuk memperbaiki retsleting sangat lah mudah kalian harus mempersiapkan barang seperti berikut ini:
1. Tang. berfungsi untuk mengetatkan antara besi dengan gigi retsleting.
2. Sarung tangan. untuk berjaga-jaga jika agar tangan tidak lecet.
3. Ritsleting yang rusak. untuk kalian perbaiki.

Berikut ini langkah Memperbaiki Ritsleting yang rusak: 

1. Gunakan sarung tangan untuk berjaga-jaga agar tangan tidak luka/lecet.
2. Letakkan peganan ritsleting ke ujung kanan atau jalan menutup retsleting.
3. Ambil tang lalu pegang bagian sisi-sisi dari pegangan ritsleting dengan kuat.
4. Tekan hingga tidak terdapat lagi ruang yang dapat menyebabkan gigi ritsleting menjadi lari.
5. Lakukan hal tersebut sampai peganan ritsleting menjadi kokoh kembali.
6. Coba test ritsleting dan selamat anda berhasil memperbaikinya...

Nah jika sudah berhasil selamat, tetapi jika kerusakan seperti pengait ritsleting lepas hal tersebutakan sangat sulit untuk di perbaiki. Kalian harus mengembang atau memisahkan pengait/peganan ritsleting lalu memasangnya pada gigi retsleting dan menekannya kembali agar tidak keluar setelah di pasang. Jika kalian benar-benar tidak mampu memperbaiki lebih baik di ganti saja ke tukang jahit agar mendapatkan retsleting yang baru.

Kesimpulan Cara Memperbaiki Ritsleting:

-Ritsleting yang rusak seperti tidak bisa di tutup jangan langsung di ganti atau di buang.
-Kerusakan ritsleting biasanya terjadi karena di paksa mengikat volume yang besar.
-Memperbaiki ritsleting yang tidak bisa di tutup bisa meguatkan pegangan ritsletingnya.

Sekian Cara Memperbaiki Ritsleting yang rusak pada tas, celana dan jaket, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

Previous
« Prev Post

Related Posts

Januari 28, 2019 Januari 28, 2019

0 komentar:

Posting Komentar