Cara Mengelas Plat Tipis Agar Tidak Bolong

Posted by Unknown on Senin, 06 November 2017

Cara mengelas plat tipis agar tidak bolong

Plat besi mempunyai banyak ukuran dan ketebalan mulai dari yang kecil hingga yang paling besar. Biasanya plat besi tertentu mempunyai sifat yang mudah tembus saat di las, oleh karena itu kita harus mengetahui teknik atau cara untuk mengelas besi yang mudah tembus las tersebut. Teknik ini perlu di pelajari agar kita paham mengelas besi tipis yang perlu di lengketkan pada bagian sudut-sudutnya tanpa bolong.


Penyebab Plat Besi bolong saat di las.

Menurut CaraKitaHD Plat besi tipis yang bolong saat di las terjadi karena banyak faktor kesalahan. Mulai dari yang paling sederhana hingga kesalahan yang sangat fatal seperti .Plat besi yang bolong saat di las biasanya terjadi karena banyak faktor seperti berikut ini:

1. Plat tipis yang terlalu lama di las.

Saat mengelas plat besi tipis, harus lakukan dengan cepat. Jangan sampai plat sudah lengket tetapi kalian tetap menyalahkan lasnya. Karena berbeda 1-2 detik saja dari lama pengelasan bisa menyebabkan plat besi tipis menjadi bolong dan rusak karena tidak cocok lagi untuk di lengketkan. Oleh karena itu lebih baik kurang las karena masih bisa di las, dari pada kelebihan las karena langsung bolong.

2. Plat besi yang langsung di las tanpa percobaan.

Saat mencoba "TEST" pada saat mengelas biasakan pada besi yang tidak di gunakan terlebih dahulu, karena jika langsung di TEST pada besi utama yang akan di las bisa rusak seperti bolong. Selalu sediakan besi percobaan / besi TEST pada saat melakukan proses pengelasan, agar mengurangi persentase kesalahan pada saat mengelas.

Baca juga: Mengenal Mesin Las Inverter dan Cara Perawatannya

3. Ujung Las lengket pada plat besi.

Ujung las atau Kawat las biasanya akan lengket ketika kita mendorong secara berlebihan langsung dengan besi saat proses pengelasan. Oleh karena itu biasakan jika kawat las lengket pada plat yang di las jangan langsung di lanjutkan proses pengelasan, tetapi tarik terlebih dahulu kawat lasnya agar terpisah dengan plat besi yang di las. Karena jika di paksa plat besi akan bertambah lubangnya.

Contoh plat besi yang tipis.

Beberapa besi mempunyai ukuran yang tebal dan ada juga yang tipis, biasanya untuk besi tipis digunakan sebagai penahan seperti "seng". Sedangkan besi yang tebal digunakan sebagai rangka bangunan, untuk memperkokoh suatu bangunan ketika akan di bangun. Biasanya ketebalan 0,8 mm atau kurang.

Plat Seng Tipis
Plat Seng Tipis

Cara mengelas plat tipis agar tidak bolong.

Alat dan Bahan untuk las plat tipis:

1. Besi tebal, Besi tebal disini di gunakan sebagai besi test pada saat pertama mengguankan las agar nantinya tidak bolong saat mengelas plat utama.
2. Plat tipis, Plat tipis ini adalah plat utama yang akan di las nantinya.
3. Las, Mesin las dan jangan lupa sambungkan ke sumber listrik.
4. Kawat Las, Siapkan beberapa kawat las dengan ukuran dan jenis yang sesuai dengan plat tipis agar nantinya tidak bolong saat di las.
5. Sarung tangan, Sarung tangan di perlukan untuk melindungi tangan dari percikan api las saat sedang melakukan proses pengelasan.
6. Kacamata dan Masker khusus mengelas, Gunakan juga untuk keamanan saat melakukan pengelasan agar nantinya mata dan hidung tidak terkena serbuk las.

Baca juga: Teknik Las Besi Hollow Tipis Untuk Pemula

Langkah untuk mengelas plat tipis:

1. Nyalakan mesin las dengan menyambungkan sumber listrik pada mesin.
2. Pasang kawat las pada ujung las dengan perlahan, jangan lupa "pasang dalam keadaan tombol off/ tombol tidak di tekan".
3. Gunakan pengaman seperti sarung tangan, kacamata dan masker untuk melindungi tubuh saat sedang mengelas.
4. Mulai Nyalakan dengan keadaan ON lalu test pada besi yang kita gunakan untuk "TEST".
5. Setelah kita mengetahui berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mengelas, maka kita bisa mulai mengelas pada besi atau plat utama.
6. Ambil plat utama yang akan di las. Perbaiki lengkungan dan posisi setelah itu mulai lah mengelas dengan "cepat".
7. Las sepersekian detik agar plat tipis tidak bocor, setelah kawat las habis pasang kembali dan ulangi pengelasan.
8. Lakukan sampai bagian plat besi lengket semua, lakukan finishing seperti perbaikan bagian yang penyok, bersihkan besi berlebih dan dempul bagian yang kurang bagus.

Nah itulah tadi langkah Cara mengelas plat tipis agar tidak bolong dari CaraKitaHD, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)


Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Related Posts

November 06, 2017 November 06, 2017

0 komentar:

Posting Komentar